Adat perkawinan yang unik tidak boleh pipis tiga hari tiga malam

Adat perkawinan yang unik tidak boleh pipis tiga hari tiga malam

Pernikahan seringkali diartikan sebagai sebuah proses penyatuan dua insan yang kadang dilakukan dengan adat istiadat sesuai dengan tempat dimana dua insan itu dilahirkan

pengantin tidong

Pernikahan adalah momen terindah dan penuh kebahagiaan dalam hidup. Pernikahan seringkali diartikan sebagai sebuah proses penyatuan dua insan yang dilakukan dengan berbagai macam cara sesuai dengan adat istiadat tempat dimana dua insan itu dilahirkan dan dibesarkan.

Tidak sedikit pula di dalam proses pernikahan itu para pasangan harus melakukan prosesi adat yang aneh dan unik. Tapi tahukah anda, bahwa ada satu adat yang benar benar aneh ! Di Tidong, Malaysia.


Adat masyarakat Tidong di Malaysia, mensyaratkan agar pasangan yang baru menikah tidak boleh pipis selama tiga hari tiga malam. Tentu saja hal ini bukan saja terasa tidak nyaman, akan tetapi bisa juga menyakitkan.

Menurut kepercayaan mereka, jika hal ini dilanggar, maka akan membawa sial. Bisa berakibat bubarnya perkawinan, kemandulan, bahkan sampai kematian misalnya.

Sebelum ritual ini dilaksanakan, pasangan pengantin tidak boleh makan dan minum terlalu banyak, untuk mencegah agar jangan kebelet pipis. Anggota keluarga akan menjaga kamar mandi secara bergiliran untuk memastikan mereka tidak melanggar aturan.

Ritual ini didasarkan pada kepercayaan bahwa jika pengantin bisa melalui “siksaan” bersama-sama, maka mereka akan mampu menghadapi rintangan apapun di perjalanan pernikahan mereka.
*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda