Cara menulis agar banyak diminati pembaca

Cara menulis agar banyak diminati pembaca

Daya tarik adalah komponen kunci sebuah tulisan. Agar sampai pada kepuasan pembaca, mulanya anda harus tahu bagaimana cara menarik perhatian mereka. Agar dapat menarik perhatian tentu saja kandungan tulisan anda harus menarik.

Disini akan saya bocorkan prinsip-prinsip kunci agar karya tulis anda menjadi menarik. Dengan begitu anda akan paham bagaimana membuat kandungan tulisan yang dapat menyedot perhatian. Sebab setiap orang pasti senang hal yang menarik. Dari itu, sangat bijak bila anda mengetahui prinsip-prinsip menarik perhatian.

Langsung saja, silakan lahap prinsip-prinsip rahasia itu dibawah ini.

Superlatif atau Hal yang paling atau sangat.
Manusia yang paling cerdas, manusia yang paling bodoh, bunga tertinggi, bunga terendah dan sebagainya merupakan sesuatu yang menarik perhatian. Mengapa demikian? Sebab hal-hal yang paling atau sangat itu menjadikan sesuatu itu satu-satunya di dunia ini. Sesuatu itu sangat menonjol dan bernilai di mata manusia.

Anda tahu mengapa On The Spot, salah satu program Trans7, banyak diminati dan memiliki rating yang tinggi?

Ya, jawabannya karena program tersebut menampilkan sesuatu yang super atau yang ter-Surprise Alias Kejutan.

Masih ingat saat anda memberikan hadiah kejutan pada teman baik anda? Bagaimanakah reaksinya? Anda bisa melihat matanya berbinar-binar seketika karena senang akan kejutan yang anda berikan.

Kejutan membuat seseorang merasa tidak biasa dan merasa spesial. Dan itu sangat menyenangkannya, dan pasti menarik perhatiannya.

Tulisan jenis ini akan sukses Anda terapkan bila Anda berhasil menyajikan sesuatu yang tidak disangka-sangka. Misalnya Anda bikin Novel yang di akhir cerita Jagoannya meninggal dunia. Tentu ini akan mengejutkan pembaca karena yang mereka sering baca adalah cerita yang berakhir dengan happy ending.

Entertain Alias Menghibur.
Hiburan saat ini menjadi industri yang besar sebab setiap orang menyukai hiburan. Lebih dari itu, pada dasarnya manusia cenderung memburu hal yang menghibur.

Sesuatu yang dapat menghibur pasti akan menarik perhatian. Semakin menghibur kelakuan anda, semakin lama orang terpesona. Semakin menghibur tulisan Anda, semakin banyak yang suka.

Inspiration atau Menginspirasi.
Rutinitas sehari-hari sering sekali membuat orang jenuh. Dari itu, orang butuh suatu yang fresh untuk menyegarkan kembali perasaan dan pikiran. Dan untuk itu, orang membutuhkan inspirasi hidup, yang dapat menghadirkan pencerahan diri. Ketika mereka merasa senang dengan keadaan itu, maka mulut mereka tanpa sadar berucap “wow hebat, luar biasa!”

New Alias Suatu yang baru.
Hal baru selalu menarik perhatian. Tak percaya? Coba ingat-ingat masa kecil anda bermain dengan mainan baru. Ya, sesuatu yang baru sangat mudah menarik perhatian orang.

Contoh penulis yang sukses dalam menyajikan tulisan yang baru adalah Andrea Hirata. Dengan Novel Tetralogi Laskar Pelangi, dia berhasil menyuguhkan novel yang berisi pengalaman pribadi dan bukan fiksi.

Good Story Atau Cerita bagus.
Yang bisa membuat orang betah nonton sinetron berjam-jam atau melahap novel beratus-ratus halaman karena ceritanya yang bagus. Cerita yang bagus selalu membuat perhatian anda terjaga, menanti apa cerita selanjutnya.

Humor.
Tak ada hal yang dapat membuat mata melek walaupun sebelumnya ngantuk berat selain humor. Humor membuat orang senang dan riang. Humor membuat orang tertawa. Humor membuat perhatian terjaga terus.

Anda juga perlu menyisipkan sedikit humor kedalam tulisan Anda, kecuali tulisan yang ilmiah.

Yup… tulisan anda harus menarik untuk menarik banyak minat pembaca. Tulisan anda harus menginspirasi orang lain… Tulisan anda harus menjadi tempat berlabuh bagi orang yang tengah dilanda kekalutan dan membutuhkan hiburan. Tulisan anda harus berharga dan bernilai tinggi….

Bagaimana dengan tujuh jenis tulisan yang banyak peminat di atas? Apapun pendapat anda, semoga tulisan ini bermanfaat.

Selamat Menulis
*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda

No comments

Komentar anda sangat berguna untuk meningkatkan penulisan artikel