Bedane Pecel karo gado-gado

Bedane Pecel karo gado-gado



Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Jawa yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburi bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan.

Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong.

Pasti udah pada nggak asing dengan yang namanya pecel atau bahasa kerennya Javanese Salad *halah*. Di Jawa Timur makanan asal Madiun ini udah tersebar dimana-mana. Gampang banget nemuin makanan yang satu ini. Pecel juga jadi makanan favorit saya. Selain menyehatkan karena banyak sayuran, juga harganya murah.. Yang terakhir ini kayaknya yang lebih penting deh. Xixixii..

Di Jogja ada nih pecel yang walaupun serupa tapi agak berbeda dengan pecel yang biasa dijual di Jawa Timur. Kalau di Jawa Timur pecel yaitu nasi putih yang dihidangkan dengan sayuran seperti bayam, semanggi, irisan mentimun, dan kecambah yang disiram dengan bumbu kacang. Kalau di Jogja agak berbeda. Sayurannya terdiri dari bayam, kacang panjang, kubis, dan wortel yang semuanya sudah direbus kemudian diberi irisan bakwan dan dihidangkan dengan ketupat, tidak dengan nasi.

Tentu saja disertai dengan bumbu kacangnya. Satu lagi perbedaannya, kalau di Jawa Timur nasinya yang banyak tapi sayurannya sedikit, kalau di Jogja ketupatnya dikit tapi sayurannya banyak banget. Kalau mau request bisa juga ketupatnya diganti dengan nasi. Tapi secara default (bahasa komputernya keluar) dihidangkan dengan ketupat. Sama-sama mengenyangkan sih karena porsinya lumayan besar..

Mau nyobain? Datang aja ke Warung Lotek & Gado-Gado Colombo yang ada di Jalan Glagahsari. Nomernya lupa, yang jelas ada di depan makam pahlawan. Menu utama yang ada disana adalah makanan yang masih dalam satu rumpun seperti lotek, gado-gado, pecel, ketoprak, karedok, dan lain-lain. Harganya cuma Rp. 6.000. Murah, sehat, mengenyangkan.

*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda

No comments

Komentar anda sangat berguna untuk meningkatkan penulisan artikel