Dari sebuah desa merambah Dunia Global

Dari sebuah desa merambah Dunia Global


Bajomulyo adalah desa di kecamatan Juwana, Pati, Jawa Tengah, Indonesia.
Letaknya tepat di tepi Sungai Juwana yang juga menjadi pelabuhan dan Tempat Pelelangan Ikan menjadikan desa ini identik dengan sebutan "kampung nelayan".

Di desa ini nelayan hidup dengan makmur dan sejahtera, bahkan kehidupan mereka rata-rata masuk dalam kalangan menengah ke atas dan penyumbang pendapatan daerah terbesar di Kabupaten Pati

Sebagian besar penduduk desa Bajomulyo bermata pencaharian sebagai nelayan dan petani tambak baik tambak udang windu, bandeng maupun petani garam. Namun karena dekatnya dengan pusat kota tidak sedikit pula yang berprofesi di bidang niaga dan jasa.

Desa Bajomulyo merupakan salah satu desa dari 29 desa yang berada di Kecamatan Juwana memiliki wilayah seluas 74.800 Ha. Desa Bajomulyo lokasinya berdekatan dengan pantai laut utara Jawa, secara geografis terletak di posisi 06° 42’ Lintang Selatan dan 111° 09’ Bujur Timur.

Desa Bajomulyo jenis tanahnya kurang cocok digunakan sebagai lahan pertanian, kondisi tanahnya kering dan dekat dengan pantai, oleh karena itu, penduduk setempat banyak memanfaatkan sebagai tambak udang atau bandeng.

Ada salah satu perusahaan yang memproduksi hasil tambak hingga merambah ke dunia perdagangan International, nama perusahaan itu adalah Oyin Ayashi food Industry. Perusahaan ini tidak multak memproduksi hasil laut atau tambak, tetapi juga memproduksi hasil perkebunan yang ada di sekitar kabupaten Pati, yaitu singkong.


Singkong  yang oleh masyarakat Indonesia pada umumnya hanya di pandang sebelah mata, dengan tangan dingin dan daya kreativitas yang tinggi, di sulap menjadi produk unggulan hingga dapat merambah ke banyak negara maju di dunia berani berasing dengan produk sejenis dari negara lain.

Demikian juga dengan bandeng atau udang, dimana saat itu bandeng hanyalah sebagai oleh-oleh bagi wisatawan Nusantara, terutama yang pernah berkunjung ke Semarang, oleh tangan dingin Oyin produk tersebut kini tidak sekedar menjadi oleh-oleh lokal, tapi di sulap sebagai konsumsi hasil perikanan yang merambah hampir ke seluruh dunia, khususnya di negara Jepang dan Korea, sebagian Eropah dan Amerika.


Banyak masyarakat Jepang atau Korea sangat menyukai bandeng duri lunak yang di produksi oleh Oyin Ayashi food Industry. Rasa bandeng produk perusahaan ini berbeda dengan rasa bandeng duri lunak yang di jual di pasaran lokal, terutama yang sering anda lihat di Semarang, Bandeng produksi Oyin Ayashi  memiliki kadar Omega 3 yang tinggi. dimana kita tahu Omega 3 merupakan salah satu protein penunjang kecerdasan otak manusia.

Bagaimana dengan produksi ikan laut ?, nantikan artikel berikutnya...
*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda