Menyaksikan penyu hijau bertelur

Menyaksikan penyu hijau bertelur

Banyak nilai-nilai kehidupan yang tersirat dari aksi susah payah para tukik untuk mencapai samudra, mereka harus siap menghadapi tantangan para predator yang menunggunya


Jangan cuma apa kata orang, tapi kita harus berusaha menyaksikan sendiri. Mungkin kita sudah pernah mendengar binatang penyu, tapi melihat secara langsung kemungkinan masih banyak yang belum tau.

Masih di kawasan Sukabumi Jawa-Barat, jika suatu saat anda sampai disini, sebaiknya luangkan waktu untuk melihat secara langsung habitat Penyu hijau (chelonia mydas) dan tempat penagkarannya.

Pantai Pangumbahan Sukabumi memiliki panjang 2,3 Km. Anda dapat melihat penyu hijau (chelonia mydas) yang sedang bertelur secara langsung. Selain itu, anda juga dapat melihat pelepasan tukik setiap sorenya sambil menikmati pemandangan keindahan laut di sepanjang pantai. Kegiatan edukatif yang patut anda ketahui.


Saat mengunjungi pantai wisata pangumbahan Anda akan disuguhkan agenda utama, yaitu pelepasan tukik atau penyu kecil yang baru menetas.tentu saja kegiatan ini sangat mendidik serta akan meninggalkan kesan yang indah.


Banyak nilai-nilai kehidupan yang tersirat dari aksi susah payah para tukik untuk mencapai samudra harus siap menghadapi tantangan para predator yang menunggunya.


Mengapa kegiatan tersebut dilaksanakan menjelang senja ?,  alasan pelepasan tukik dilaksanakan pada sore hari adalah untuk menghindari para predator di sekitar tepian pantai, dengan kata lain bahwa untuk menghindari jumlah tukik yang mati diserang sang predator.


Selain itu juga, dilihat dari sisi artistik, kegiatan ini jika dilakukan pada sore hari terutama menjelang matahari terbenam, akan meninggalkan suatu kesan yang tiada tara. Anda akan disuguhi kisah dramatis berlatarkan langit jingga serta diiringi orkestra deburan ombak samudra.

Jika anda ingin secara langsung menyaksikan bagaimana Penyu bertelur, maka sebaiknya mempersiapkan diri terlebih dahulu untuk menghadapi malam di tepian pantai karena memang Penyu-penyu itu bertelur di malam hari. Biasanya terjadi di sekitar Bulan Agustus sampai Bulan Maret, dimana banyak dari induk-induk penyu yang bertelur di pantai ini


Pusat Penangkaran Penyu yang dikelola oleh Pemerintah Daerah, menyediakan 6 pos pengamatan yang disiapkan bagi para pengunjung.  Masing-masing pos akan menampung 10 pengunjung, memang dibatasi jumlahnya agar tidak terlalu padat dan ramai sehingga mengganggu proses bertelurnya penyu.

Proses pengamatan penyu bertelur ini bisa memakan waktu hingga 2-3 jam sampai si induk kembali lagi ke laut lepas. kita memang harus bersabar.

Pantai Pangumbahan jaraknya tak begitu jauh dari Pantai Ujung Genteng, yakni sekitar 5 km. Berada di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, monggo silakeun berkunjung kesini kalau berminat,

Lintang mah sudah 4 kali datang ke Ujung genteng untuk menikmati kesunyian alam sambil merenungkukan lakon kehidupan. rolling on the floor dan sekali ke Pangumbahan.
*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda