Banjir besar berpotensi terjang Jakarta di bulan Februari 2016

Banjir besar berpotensi terjang Jakarta di bulan Februari 2016

masyarakat DKI Jakarta harap mewaspadai potensi terjadinya banjir besar pada pekan ke tiga dan ke empat Februari 2016


Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengimbau masyarakat DKI Jakarta mewaspadai potensi terjadinya banjir pada pekan ke tiga dan ke empat Februari 2016.

“Sesuai prakiraan hujan, potensi tinggi terjadi banjir di DKI Jakarta pada minggu ke tiga hingga ke empat Februari 2016. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada,” ujar Sutopo melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu malam.

Sutopo mengatakan, berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pertumbuhan awan hujan di Indonesia diperkirakan akan meningkat beberapa pekan ke depan, seiring dengan indek fenomena seruak dingin (“cold surge index”/fenomena angin kencang) dan fenomena fase basah Madden Julian Oscilatiion (MJO/anomali curah hujan).

Kedua fenomena itu, berkolaborasi dan diperkirakan kembali menimbulkan potensi kejadian cuaca ekstrem di beberapa daerah di Indonesia.

“Keadaan tersebut diiringi dengan fenomena cuaca regional yang menandakan adanya daerah belokan dan pertemuan angin yang sering menjadi pemicu potensi terjadinya hujan lebat,” jelas Sutopo.

Sutopo mengatakan BNPB bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, telah mengambil langkah-langkah antisipasi kemungkinan terjadinya banjir di ibu kota. Di sisi lain, kata dia, BMKG terus memonitor kondisi atmosfer dan menyampaikan informasi kepada masyarakat luas.

“BNPB telah menyiapkan tim reaksi cepat beserta peralatan dan logistik yang sewaktu-waktu dapat dimobilisasi kapan pun,” jelas dia. [akt]
*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda