Ikan Bandeng Penyet dengan Sambal Lalapan khas Juwana

Ikan Bandeng Penyet dengan Sambal Lalapan khas Juwana

Bandeng is the best. Mau digoreng, direbus, di bakar, mau banyak duri atau bau amis tak masalah bagi penyuka bandeng.


Bandeng goreng adalah ikan bandeng yang digoreng dengan bumbu ketumbar, bawang putih, kunir, garam. Biasanya dihidangkan bersama sambal, sayur asem atau sayur lodeh.


Bandeng bakar penyet, menggunakan sambal terasi dengan cabai merah yang dikukus terlebih dahulu. kemudian ditaburi irisan bawang mentah dan diberi perasan jeruk nipis/jeruk pecel.

Sambal trasi khas Juwana
Dulu ketika masih tinggal bersama orang tua, aku sering membantu ayahku menjemur rebon untuk dijadikan terasi. Baunya yang khas, sepertinya  masih tercium di ujung hidung hingga kini.


Sambal bagi orang Indonesia merupakan hidangan yang berperan sebagai pembangkit selera makan. Rasanya tidak mantap (ada yang kurang) jika tak ada sambal yang mendampingi nasi.

Tak masalah jika lauk yang terhidang hanya tempe, asalkan ada sambal di sampingnya. Mulai dari ayam goreng, ikan goreng, ikan asin, semua  kudu pakai sambal.

Penulis : Septi Ariani
Sebagai anak seorang petani tambak ikan bandeng, aku tahu suka duka mereka yang bergelut dengan pekerjaan ini. mereka harus kerja keras dan tak mengenal waktu.

Pemeliharaan yang di mulai saat ngipuk (menebar benih di tambak), hingga panen, membutuhkan kesabaran.
*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda