Inilah beberapa jenis penderita buta warna yang diderita oleh sesorang

Inilah beberapa jenis penderita buta warna yang diderita oleh sesorang

Protanopia adalah bentuk yang lebih meluas dari buta warna, Semua nuansa hijau dan merah tampak menghilang, sementara nuansa biru dan kuning tetap tak berubah


Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu yang disebabkan oleh faktor genetis.

Buta warna dapat dites dengan tes Ishihara yang menggunakan lingkaran-lingkaran berwarna yang dibuat dengan tulisan tertentu yang hanya dapat dilihat atau tidak dapat dilihat oleh penderita buta warna.


Mata tidak akan melihat warna seperti biasanya jika ada masalah dengan pigmen pada reseptor warna. Jika salah satu pigmen hilang, maka mata akan memiliki masalah melihat warna tertentu.

Penderita buta warna bisa kesulitan melihat warna merah, hijau, biru, atau campuran warna-warna ini. Namun pada kondisi penderita buta warna total, tidak ada warna yang dapat dilihat sama sekali dan hal ini sangat jarang terjadi.


Buta warna merupakan salah satu kelainan penglihatan langka di dunia. Menurut data komprehensif yang ada, sekitar 0,5% perempuan dan 8% di dunia mengalaminya. Pada kasus ini, mereka tak bisa melihat warna dengan semestinya. Buta warna sendiri memiliki beberapa jenis, seperti deuteranomalia, protanopia, tritanopia, dan total. (alodokter)


Semuanya memiliki penglihatan yang berbeda-beda pada benda berwarna yang ada di sekelilingnya. Lantas, pernah nggak, sih, kamu yang memiliki penglihatan warna normal penasaran atau ingin tahu bagaimana penglihatan para penyandang buta warna?

Ada beberapa kategori berbeda dari penderita buta warna.

Orang dengan penglihatan normal akan melihat dunia sekitar mereka dengan warna-warni ini.

Deuteranomalia adalah bentuk paling umum dari buta warna. Sekitar 4, 63% laki-laki menderitanya dan pada banyak kasus mereka bahkan tak menyadarinya. Terlihat jelas pada foto ada beberapa warna yang kehilangan kecerahannya, terutama yang mengarah pada warna hijau dan merah.

Protanopia adalah bentuk yang lebih meluas dari buta warna. Hanya sekitar 1% penderita yang mengalaminya. Semua nuansa hijau dan merah tampak menghilang, sementara nuansa biru dan kuning tetap tak berubah.

Tritanopia adalah bentuk langka dari buta warna yang dialami sebagaian kecil pria dan wanita. Mereka yang mengalami jenis buta warna ini akan melihat dunia dalam nuansa warna kehijauan dan merah muda.


Orang yang mengalami buta warna total benar-benar ada, tapi teramat sangat jarang. Hanya 0,00003% dari populasi dunia yang cuma melihat dalam hitam putih. (todayLine)


*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda