Kebijakan tentang Freeport selalu menjadi polemik dan bahasan politik tingkat tinggi

Kebijakan tentang Freeport selalu menjadi polemik dan bahasan politik tingkat tinggi

Tidak sedikit supplier di Freeport sebenarnya dipegang atau diatur oleh tokoh-tokoh besar dan kuat di negeri ini


Bismillahirrahmanirrahim saya aka mulai kultwit tentang #buahsimalalakamafreeport - saya berikan hastag #simalakama

1. #simalakama. Kebijakan tentang Freeport selalu menjadi polemik dan bahkan menjadi topik bahasan politik tingkat tinggi

2. #simalakama. Salah satu puncak pembahasan masalah freeport yg publik masih ingat adalah kasus #papamintasaham pada tahun 2016

3. #simalakama. Kasus #papamintasaham hanyalah bagian dari beberapa pihak yg selama ini sudah menjadi "benalu" di Freeport

4. #simalakama. Tidak sedikit supplier di Freeport sebenarnya dipegang atau diatur oleh tokoh-tokoh besar dan kuat di negeri ini

5. #simalakama. Sebutlah seperti pengadaan bahan bakar, bahan peledak, batu bara, dan suolai makanan serta alat-alat penunjang

6. #simalakama. Seperti diketahui bhw perpanjangan kontrak freeport selalu menjadi masalah krusial yg selalu dihadapi oleh pemerintah

7. #simalakama. Siapapun pemerintahan yg saat tiba waktu perpanjangan kontrak selalu akan menghadapi dilema yg butuh ketegasan pemimpin

8. #simalakama. Hal yg dihadapi oleh pemerintahan SBY adalah terkait izin Ekspor konsentrat krn menurut UU minerba dilarang Ekspor

9. #simalakama. Saat pemerintahan pak @jokowi dan Pak @Pak_JK selain masalah izin Ekspor tersebut muncul masalah perpanjangan kontrak

10. #simalakama. Walaupun kontrak freeport baru selesai tahun 2021 tapi pihak freeport meminta kepastian perpanjangan kontrak sejak 2015

11. #simalakama. Permintaan itu dilakukan dg pertimbangan untuk mendapatkan kepastian investasi tambang bawah tanah dan pembangunan smelter

12. #simalakama. Atas Pengkajian tsb, pemerintah hadapi dilema krn sesuai Kontrak freeport dpt meminta perpanjangan kapan pun, sementara ...

13. #simalakama. Sementara PP menyatakan (bukan UU) bhw permohonan perpanjangan hanya bisa dilakukan 2 tahun sblm masa kontrak habis

14. #simalakama. Artinya sesuai PP tersebut Freeport batu bisa mengajukan perpanjangan kontrak tahun 2019. Berbeda dengan kontrak

15. #simalakama. Kontrak dg freeport menyatakan bhw kapanpun freeport bs minta perpanjangan dan pemerintah tdk bisa menghalangi tanpa alasan

16. #simalakama. Dalam kontrak juga disebutkan bhw jika dihalangi maka pihak Freeport dapat mengajukan ke Arbitrase Internasional

17. #simalakama. Perlu diketahui bhw kontrak freeport dg pemerintah sangat kuat karena ada persetujuan PDR sehingga seakan2 setara dg UU

18. #simalakama. Ada 2 simalakama yg dihadapi saat itu : 1) perpanjangan kontrak vs Prtrn pemerintah, 2) perpanjangan kontrak vs investasi

18. #simalakama. Dalam UU Minerba sdh tdk dikenal Kontrak Karya shg jika diperpanjang pun hrs berubah menjadi izin usaha - bisa berupa IUPK

20. #simalakama. Maaf no 18 dobel. Tidak sdkt masyarakat saat itu meminta pemerintah bersikap tegas thdp Freeport utk memutuskan kontrak

21. #simalakama. Sementara di pihak lain dlm kontrak, freeport masih punya hak minta perpanjangan sampai tahun 2041 - ini juga dilema

22. #simalakama. Selain itu jika kontrak tidak diberikan kepastian perpanjangan kontrak tahun 2015 maka investasi tdk bisa dilanjutkan

23. #simalakama. Investasi yg butuh kepastian kontrak sejak tahun 2015 adalah investasi tambang bawah tanah dan pembangunan smelter.

24. #simalakama. Jika Freeport saat itu mengajukan perpanjangan sesuai haknya pada kontrak maka pemerintah pasti akan hadapi simalakama lain

25. #simalakama. Sambil "membujuk" agar tdk langsung mengajukan perpanjangan dilakukan perundingan tuntutan pemerintah jika diperpanjang

26. #simalakama. Terdapat minimal 7 tuntutan pemerintah dan pemda saat itu, yaitu : 1) pengembalian lbh 50 % areal tambang ke pemerintah, 2)

27. #simalakama. 2) peningkakatan penerimaan Negara/daerah, 3) percepatan pembangunan smelter, 4) pengalihan Bandara freeport ke Pemda, 5)

28. #simalakama. 5) peningkatan penggunaan produk dalam negeri, 6) peningkatan tenaga kerja lokal, dan 7) divestasi saham secara bertahap

28. #simalakama. Saat semua tuntutan tersebut sdh dapat disepahami proposal tsb dibahas di pemerintah utk mendapatkan jalan keluar win-win

30. #simalakama. Maaf no 28 dobel. Disinilah awal kekisruhan mulai terjadi krn pelaksanaan tersebut membutuhkan perubahan PP ( bkn UU)

31. #simalakama. Saat itu seorang Menteri saat ini ngotot bhw tdk akan boleh ada perubahan aturan sebelum tahun 2021 dan shg diputuskan

32. #simalakama. Krn tdk ada keputusan pasti maka bergeraklah para pelobby yg seakan bisa membantu utk dapat mengubah PP tersebut

33. #simalakama. Itulah awal mula kasus #papamintasaham dg manjanjikan bhw bisa membantu keputusan dari pemerintah lewat yg menolak tsb

34. #simalakama. Karena terus tdk ada kepastian keputusan maka semua rencana investasi tambang bawah tanah dan smelter tdk berjalan

35. #simalakama. Dalam proposal thn 2015 sdh diperkirakan bhw jika tdk ada kepastian perpanjangan maka akan terjadi PHK mulain thn 2017

36. #simalakama. Dan dipastikan bhw pembangunan smelter akan berhenti. Dan yg paling krusial adlh "mendeknya" perekonimian wamena dan Papua

37. #simalakama. Di saat ketidakpastian itulah muncul para pelobby mencoba masuk ke freeport serta terjadi Lobby tingkat tinggi tmsk papà

38. #simalakama. Karena mslh freeport strategis dipastikan bhw semua yg dilakukan Menteri ESDM saat itu @sudirmansaid sesuai arahan Presiden

39. #simalakama. Saya menambah "Ilmu" baru ikuti dinamika freeport - ternyata di tengah kesulitan pemerintah ternyata ada yg cari untung

40. #simalakama. Apa yg diperkirakan tahun 2015 betul2 terjadi tahun 2017. Investasi berhenti, produksi berkurang, pengurangan TK dll

41. #simalakama. 2017 datanglah simalakama kedua yaitu menghadapkan pemerintah pada putusan yg makin sulit - muncul kebijakan "jilat ludah"

42. #simalakama. Kebijakan "jilat ludah" adalah kebijakan yg dulu ditolak mentah-mentah thn 2015 terpaksa diambil 2017 walau sdh terlambat

43. #simalakama. Sebenarnya Bpk Presiden @jokowi saat itu menyadari betul persoalan ini, namun "pembisik" itu yg menyebabkan ini terjadi

44. #simalakama. Yg aneh orang yg thn 2015 lantang katakan bhw tdk boleh ada perubahan aturan, di 2017 berdiri paling depan utk ubah aturan

45. #simalakama. Saat 2015 menteri ESDM @sudirmansaid usulkan perubahan tsb diserang habis tapi saat orang itu yg ubah semua diam

46. #simalakama. Termasuk DPR yg dulu "membantah" pak @sudirmansaid krn menuduh berbagai macam - saat org itu yg lakukan juga diam

47. #simalakama. Hipotesa saya dari kejadian tersebut bhw ternyata TIDAK ADA standar kebenaran kebijakan di negeri ini - tergantung yg buat

48. #simalakama. Apakah Pemerintah sdh lepas dari #simalakama setelah perubahan PP tersebut ? Saya belum yakin krn akan sulit diterapkan

49. #simalakama. Saya tdk lagi mendengar pemenuhan 7 tuntutan yg diajukan pd 2015 tapi lbh fokus pada prbhn jadi IUPK dan divestasi

50. #simalakama. Perubahan menjadi IUPK dan divestasi plus 6 tuntutan lain juga diajukan di 2015 tapi ditolak - skrg digunakan - jilat ludah

50. #simalakama. Saya dapat informasi tadi sore bhw Dirut Freeport pak @chappyhakim mengundurkan diri. Artinya ada masalah serius yg terjadi

52. #simalakama. Maaf no 50 dobel. Pak @chappyhakim kita kenal cukup dekat dg Presiden, jadi Dirut freeport pasti "persetujuan" Presiden

53. #simalakama. Jika orang dekat Bpk Presiden seperti pak @chappyhakim saja tidak kuat artinya ada pihak yg lebih kaut yg pengaruhi kbjkn

54. #simalakama. Dengan mundurnya pak @chappyhakim maka muncul buah #simakama lain yaitu hubungan dg investor dan pemilik saham di AS

55. #simalakama. Info yang saya terima bhw pemilik saham terbesar sekarang di Freeport adalah salah satu orang terdekat Presiden AS saat ini

56. #simalakama. Ada 3 simalakama baru yg muncul akibat ketidaktegasan pemimpin ambil keputusan tepat di waktu yg tepat, yaitu : 1)

57. #simalakama. 1) pelaksanaan PP baru dg Kontrak yg masih hidup, 2) izin Ekspor dg ancaman PHK, 3) ketegasan kbjkn dg gejolak sosial papua

58. #simalakama. Simalakama 1) saya perkirakan jika tdk ada keputusan tegas bisa menjadi tuntutan arbitrase. Ini bisa jadi masalah serius

59. #simalakama. Perlu diketahui bhw aturan di AS jika ada perusahaan tambang AS diberlakukan tdk adil di LN maka pemerintah akan bantu full

60. #simalakama. Artinya jika terjadi arbitrase maka yg terjadi sebenarnya adalah pemerintah Indonesia melawan pemerintah AS

61. #simalakam. Saya pernah dapat informasi tdk resmi bhw jika freeport ajukan arbitrase kira2 akan menuntut ganti rugi sktr Rp 500 trilyun

62. #simalakama. Hal mendesak yg harus diselesaikan adalah PHK thn 2017 yg mungkin sktr 15.000 org dan anjloknya ekonomi Papua scr drastis

62. #simalakama. Hal yang perlu juga mendapat perhatian khusus adalah kewajiban Freeport utk melepaskan saham menjadi 51% thn ini juga

64. #simalakama. Maaf no 62 dobel. Kebijakan itu kelihatan sangat bagus krn freeport hrs melepaskan lagi sahamnya sktr 42 % tambah 9% yg ada

65. #simalakama. Pertanyaannya siapa yg akan membeli saham tersebut ? Pemerintah atau BUMN atau swasta nasional atau swasta dari LN ?

66. #simalakama. Harga saham 42 % tsb mungkin sktr Rp 60 - 70 trilyun (blm tentu benar). Jika dari APBN tdk munkin krn tdk ada dlm APBN 2017

67. #simalakama. Bagaimana dg BUMN ? Saham yg 10 % saja yg di tawarkan sjk 2016 blm tersedia dana - apakah akan minta PMN ? Sdh lewat juga

68. #simalakama. Jika APBN dan BUMN tdk bisa artinya yg beli adalah swasta nasional atau swasta asing. Ini kebijakan jebakan batman

69. #simalakama. Artinya krn lewat Peraturan Pemerintah suatu perusahaan swasta harus menjual ke swasta lain. Teman papà lagikah ?

70. #simalakama. Jika ini terjadi dan tidak ada swasta lain mau membeli maka yg katanya selalu siap membeli adalah perusahaan dari Tiongkok

71. #simalakama. Jika itu terjadi artinya kita mengusir Perusahaan AS dari Papua dan menggantikan dg perusahaan dari Tiongkok - wallahualam

72. #simalakama. Apakah semua kbjkn ini sengaja dilawan tahun 2015 untuk menjebak tahun 2017 dengan pilihan yg sangat sulit bagi pemerintah

73. #simalakama. Jujur saya katakan karena ktidaktegasan, ketidaktepatan, dan ketidakcepatan ambil kebijakan maka pemerintah saat ini sulit

74. #simalakama. Saya ikut prihatin jika pemerintah menghadapi 3 sekaligus persoalan di Freeport yaitu : 1) tuntutan arbitrase, 2) PHK, 3)

75. #simalakama. 3) gejolak sosial ekonomi Papua. Saya berharap agar ini tdk terjadi bersamaan. Masalah 2) dan 3) harus ada solusi segera

76. #simalakama. Keterlambatan kebijakan ini juga tdk terlepas dari DPR yg lambat revisi UU minerba akibat dampak dari bisikan org tsb

77. #simalakama. Krn bisikan org tsb di 2015 bhw PP tdk boleh diubah tapi diubah juga (jilat ludah) maka ditempuh ubah UU pdhl tdk perlu

78. #simalakama. Banyak pelajaran dapat diambil dari kebijakan Freeport, antara lain : 1) kbjkn hrs tepat waktu, 2) kbjkn hrs tepat sadarkan

79. #simalakama. 3) kbjkn hrs sistimatis - tdk amburadul, 4) kbjkn hrs obyektif, 5) kbjkn hrs bebas kepentingan kelompok, 6)

80. #simalakama. 6) kbjkn hrs dipikirkan serius - bukan kbjkn RBT (Rencana Bangun Tidur), 7) kbjkn hrs dapat diterima, 8)

81. #simalakama. 8) kbjkn harus dapat dilaksanakan, 9) kbjkn harus berkesinambungan, 10) kbjkn harus komprehensif

82. #simalakama. Secara umum bhw setiap kebijakan yang diambil harus memenuhi 5 kriteria, yaitu : 1) secara hukum LEGAL, 2) secara

83. #simalakama. 2) secara birokrasi WORKABLE, 3) secara akonomi PROFITABLE, 4) secara politik ACCEPTABLE, dan 5) secara publik BERMANFAAT

85. #simalakama. Atas kejadian ini saya berharap agar kebijakan-kebijakan yang penuh dilema seperti ini baiknya dibahas secara sistimatis

86. #simalakama. Kebijakan strategis sangat berbahaya jika mengandalkan pembisik apalagi menggunakan starategi "adu domba" anak buah

87. #simalakama. Beberapa calon kebijakan #simalakama yg mungkin dihadapi ke depan antara lain : 1) pembangunan blok masela, 2) KA cepat, 3)

88. #simalakama. 3) kereta Api Papua, 4) kilang Minyak, 5) program Tol Laut, dan 6) program 35.000 MW

89. #simalakama. Berharap agar pihak-pihak yg sedang di kekuasaan dapat mengambil pembelajaran dari kegalauan mengambil kbjkn freeport

90. #simalakama. Saya berharap agar tidak terjadi tuntutan arbitrase dari Freeport krn saya yakin dampaknya bisa besar

91. #simalakama. Dampak yg mungkin terjadi : 1) keraguan akan kepastian hukum, 2) kepastian investasi, 3) ekonomi (freeport berhenti), 4)

92. #simalakama. 5) dampak fiskal (penerimaan), 6) dampak fiskal bayar densa (jika kalah), 7) dampak politik luar negeri.

93. #simalakama. Terhadap dampak PHK saya yakin sdh tdk bisa dihindari krn kebijakan terlambat diambil shg tambang akan berkurang

94. #simalakama. Terhadap dampak sosial ekonomi Papua juga sdh dipastikan akan terjadi. Ingat bhw lbh 90 % ekonomi Wamena brsl dr Freeport

95. #simalakama. Saya mendapat informasi bhw hari Jumat siang Pihak Freeport sudah memutuskan utk mendaftarkan masalah ini ke Arbitrase

96. #simalakama. Saya berharap agar pemerintah memberikan perhatian khusus jika info yg ini benar - krn akan menjadi rumit

97. #simalakama. Berharap juga pemerintah berkoordinasi secara serius dg Pemda Papua untuk antisipasi dampak PHK dan penurunan ekonomi Papua

98. #simalakama. Terhadap para penumpang gelap dlm kebijakan freeport saya berharap sadarlah jangan bikin kisruh dan bikin sulit pemerintah

99. #simalakama. Terhadap tokoh masyarakat di Papua mohon perkenan memberikan ketenangan masyarakat dan tetap percaya bhw akan ada solusi

100. #simalakama. Saya berharap agar kultwit ini dapat dibaca dg tenang tanpa kecurigaan apapun - ini hanya informasi - blm tentu saya benar




*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda