Keris Pusaka Setan Kober milik Sunan Kudus yang kemudian terkenal di tangan Arya Penangsang

Keris Pusaka Setan Kober milik Sunan Kudus yang kemudian terkenal di tangan Arya Penangsang

Makna keris memang sering dikaitkan dengan hal yang berbau mistik oleh orang zaman jadul. Bahkan, banyak juga yang memiliki kepercayaan bahwa keris mempunyai kekuatan berkat roh gaib dan kesaktian mandraguna yang diturunkan oleh empu sang pembuatnya


Ada beberapa keris yang dipercaya memiliki kesaktian, seperti Keris Empu Gandring yang dimiliki oleh Ken Arok dari Kerajaan Singasari, Keris Kanjeng Kyai Condong Campur dan Keris Kyai Sengkelat di Kerajaan Majapahit, Keris Nagasasra dan Keris Sabuk Inten di Kerajaan Demak, serta Keris Pusaka Setan Kober milik Sunan Kudus yang kemudian terkenal di tangan Arya Penangsang, yang akhirnya meninggal karena kerisnya itu sendiri.

Keris sebagai “tosan aji” atau sentaja pusaka memiliki keampuhan, karena dalam pembuatannya dilakukan oleh empu pembuat keris yang memang mempunyai kesaktian dan ilmu gaib. Biasanya empu membuat keris dengan campuran dari unsur besi dan baja, serta ada juga yang dicampur dengan dengan batu meteor yang jatuh dari angkasa. Kemudian, empu pembuat keris juga menyertainya dengan doa-doa dan mantra dalam suatu upacara ritual.

Dengan ritual tersebut, keris akan mendapatkan kekuatan magis dan tuah, yang dapat mempengaruhi musuh pemiliknya ketika digunakan. Bahkan, menurut sebuah penelitian ilmiah, keris pusaka memang dapat dirasakan mengeluarkan energi yang tidak kasat mata atau tidak bisa dilihat oleh mata biasa. Tosan aji ini tidak hanya berupa keris di Jawa, tetapi juga ada senjata pusaka sejenis di daerah lainnya di Indonesia, seperti rencong di Aceh.

Makna keris memang sering dikaitkan dengan hal-hal mistik oleh orang-orang tradisional zaman dahulu. Bahkan, banyak juga yang memiliki kepercayaan bahwa keris mempunyai semangatnya sendiri, berkat kekuatan gaib dan kesaktian mandraguna yang diturunkan oleh empu sang pembuatnya. Oleh karena itu, pemilik keris harus menjaga dengan baik, dan dirawat kesaktiannya dengan melakukan sejumlah ritual berdasarkan ilmu-ilmu gaib.
*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda

No comments

Komentar anda sangat berguna untuk meningkatkan penulisan artikel