Pemerintahan neolib tak akan berpihak pada rakyat. Mereka lebih peduli dengan kekuatan asing

Pemerintahan neolib tak akan berpihak pada rakyat. Mereka lebih peduli dengan kekuatan asing

Salah satu modus neolib adalah dengan menyuap para pejabat dan politisi agar membuat aturan perundangan yang pro mereka. Kemudian sang pejabat ditekan agar mau menandatangani berbagai perjanjian yang lebih menguntungkan kapitalis.


Apa arti neolib menurut bahasa?

Neolib, tentu berasal dari kata neo dan liberalisme. Neo artinya baru. Sedangkan liberalisme berarti faham kebebasan berekonomi. Jadi, neolib artinya faham ekonomi yang menitikberatkan kebebasan perekonomian, di mana ekonomi diserahkan kepada mekanisme pasar, baik pasar lokal maupun internasional. Dan secara teori, mekanisme pasar tidak ada campur tangan pemerintah.

Apa arti neolib menurut para pakar?

1.Kodrat Wibowo

Pengamat ekonomi dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung mengatakan ciri pemerintahan yang menganut faham neolib adalah, pemerintah melepaskan kewenangannya dalam penyediaan barang-barang publik. Pemerintah melakukan privatisasi BUMN, membuka pintu lebar-lebar pada asing, dan keikutsertaan dalam perdagangan bebas.

2.Prof. Dr. Sri Edi Swasono

Guru Besar Universitas Indonesia, menegaskan bahwa neolib merupakan penjajahan model baru. Itulah arti neolib yang paling mudah dipahami. Pemerintahan yang neolib tidak akan pernah berpihak pada rakyat. Mereka lebih peduli dengan kekuatan asing.

3.Hendri Saparini

Pengamat ekonomi dari Econit Advisory Group , menengarai pihak asing berusaha menguasai perekonomian Indonesia dengan cara membelokkan arah kebijakan ekonomi nasional. Salah satu modusnya adalah dengan menyuap para pejabat dan politisi agar membuat aturan perundangan yang pro asing.

Sejak kapan neolib ada di dunia?

Neolib merupakan satu gerakan massif yang memang bertumpu pada sektor perekonomian, namun untuk mencapai kepentingannya menggunakan seluruh kekuatan yang ada, seperti mesin politik, mesin militer, mesin sosial budaya, mesin agama, mesin pendidikan, mesin media massa, dan yang lainnya. NeoLib adalah kaum Masonik, kaum Illuminatus, kaum Luciferian, yang sudah ada sejak iblis turun ke bumi membuntuti Adam dan Hawa.

Kapan sosialisasi neolib ke seluruh dunia?

Akhirnya di era tahun 1980an neolib kemudian bangkit sebagai kebijakan ekonomi politik yang diadopsi oleh pemerintahan Ronald Reagan (Presiden AS), dan Margaret Thatcher (Perdana Menteri Inggeris).

Sejak kapan neolib ada di Indonesia?

Secara jujur, neolib ada di Indonesia sejak zaman Indonesia dijajah Belanda. Sejak era VOC mendominasi perekonomian Indonesia.

Neolib sejak era Soekarno hingga era Jokowi

1.Bagaimana neolib di era Soekarno?

Dimulai ketika bangsa Indonesia ingin membangun tetapi tidak punya uang. Maka negara-negara kapitalis mulai menawarkan bantuan pinjaman uang. Para menteri Soekarno yang rata-rata lulusan universitas Amerikapun segera menyambutnya. Mungkin, karena komisinya besar.

Namun Soekarno punya prinsip, boleh utang ke luar negeri, tetapi jangan mendikte pemerintahan Indonesia. Soekarno bersikap, “Biarkan kekayaan alam kita, hingga insinyur-insinyur Indonesia mampu mengolahnya sendiri. Saat itu Permina (Pertamina) yang sepenuhnya melakukan eksplorasi dan eksploitasi kekayaan minyak dan gas Indonesia.

2.Bagaimana neolib di era Soeharto?

Time Life telah mensponsori pertemuan antara kelompok Mafia Berkeleynya Jenderal Suharto dengan para pengusaha Yahudi Dunia di Swiss, November 1967, di mana seluruh kekayaan alam Indonesia digadaikan dengan harga murah kepada asing.

Bawazier:

Neolib jadikan rakyat makin miskin. Mantan menteri keuangan Fuad Bawazier mengatakan faham neoliberal (neolib) yang sudah berjalan selama 40 tahun di Indonesia menjadikan rakyat Indonesia semakin miskin. Faham ini sudah berlangsung sejak pemerintahan Soeharto. Karena itu, harus dihentikan karena akan meneruskan kemiskinan.

3.Neolib di era BJ Habibie, Sama dengan era Soeharto

4.Bagaimana neolib di era Gus Dur, liberalisasi dibidang ekonomi relatif  stagnan.

5.Bagaimana neolib di era Megawati

a.Siti Fadillah Supari

Mantan Menteri Kesehatan, mengakui, birokrasi neolib sudah ada sejak tahun 2002. Reformasi bangsa ini justru telah mengubah UUD yang pro rakyat menjadi makin mengarahkan ke neolib di segala bidang. Sekaligus kepentingan rakyat sendiri tersingkirkan. Pemerintahan neolib akan selalu mendedikasikan diri kepada kepentingan kapitalis. Bukan membela rakyat yang lemah, namun pelaku pasar atau para kapitalis.

b.Fadhil

Neolib di era Megawati antara lain kebijakan privatisasi beberapa BUMN, diantaranya Indosat,Telkom, BNI, PT. Tambang Timah dan Aneka Tambang.Paling tidak sepanjang tahun 1998 terdapat dua belas BUMN yang seluruh sahamnya akan dijual oleh pemerintah. Juga, penjualan gas di blok Tangguh ke Cina dengan harga yang sangat murah.

6.Bagaimana neolib di era SBY

a.UU Migas dan UU Penanaman Modal sangat kental nuansa liberalisasi. Bahkan kedua undangundang tersebut dilahirkan dalam rangka liberalisasi ekonomi yang digencarkan oleh IMF, Bank Dunia, ADB, WTO, dan negaranegara maju.

b.BUMNBUMN strategis diprivatisasi. Bahkan di zaman SBYJK pemerintah memprogramkan “obral aset negara” lebih dari 40 BUMN pada tahun 2008 dan 20 BUMN tahun 2009. Meski kemudian program “obral aset negara” tersebut gagal total akibat krisis finansial global.

c.Pemerintahan SBY-JK merancang harga BBM Indonesia sesuai dengan harga pasar internasional.

d.Mekanisme pasar internasional

Masinton Pasaribu, Ketua Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem), berpendapat bahwa praktek penyelenggaraan negara dan peraturan yang dibuat dibawah pemerintah SBY Boediono diabdikan untuk kepentingan modal asing di Indonesia

e.Iman Sugema,

Kebijakan pemerintah SBY tidak pernah berubah, dan selalu anti domestik. Pertamina yang merupakan perusahaan milik negara bisa dikalahkan dengan Exxon di Blok Cepu.

f. Eva Kusuma Sundari

Politisi PDI Perjuangan, menjelaskan bahwa SBY dengan bangga melaporkan kepada United States Agency for International Development (USAID) bahwa banyak UU bidang energi yang sesuai dengan pesanan asing.

Kalau yang bidang energi, Pak SBY bicara di website USAID melaporkan sesuai (pesanan). Dan Pak Revrisond (Baswier) yang bilang itu. Lalu Pak Kwik Kian Gie yang bicara bahwa paket UU bidang keuangan ditongkrongi IMF dan World Bank,

g.Dr. M. Fadhil Hasan

Semua perampokan kekayaan alam ini dilakukan dengan disain yang rapi,” ucap Fadhil. Beliau menambahkan, publik tidak bisa tahu siapa di balik perampokan-perampokan ini. Tapi, kebijakannya begitu terasa, mulai dari Undang-undang yang pro investor, dan peraturan pemerintah pada tingkat implementasi.

Uji materi (judicial review)

Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin, pernah berencana mengajukan uji materi (judicial review) sejumlah undang-undang ke Mahkamah Konstitusi. Alasannya, menurut Muhammadiyah, undang-undang tersebut terlalu menguntungkan pihak asing dan merugikan kepentingan negeri sendiri.

Din menerangkan, undang-undang yang bakal dimintakan pengujiannya,antara lain:

1.Undang-Undang Mineral dan Batu Bara,

2.Undang-Undang Perusahaan Listrik Negara,

3.Undang-Undang Minyak Bumi dan Gas, serta

4.Undang-Undang Perbankan,dll.

Menurut Din, pemerintah membiarkan dominasi asing dalam tiga bidang strategis, yakni energi, perbankan, dan telekomunikasi. Penguasaan asing atas ketiga hal yang menyangkut hajat hidup orang banyak itu lebih dari 50 persen.

Kesimpulan umum

Neolib adalah sistem perekonomian yang lebih menguntungkan kapitalis asing daripada rakyat Indonesia.

Caranya :

Antara lain menyuap pemimpin/pejabat Indonesia untuk mengamandemen UUD 1945 dan membuat berbagai undangundang (UU) yang lebih menguntungkan kapitalisme asing. Hal ini bisa erjadi karena negaranegara kapitalis menyuap pemimpin/pejabat Indonesia.

Neolib merupakan bentuk penjajahan ekonomi

Caranya:

Dengan berbagai ancaman, antara lain embargo ekonomi maupun embargo militer, maka pemimpin/pejabat Indonesia ditekan untuk menandatangani berbagai perjanjian yang lebih menguntungkan kapitalis asing.

Neolib menguasai Indonesia melalui berbagai issue.
Antara lain issue globalisasi, perdagangan bebas, HAM, demokrasi melalui tekanan-tekanan politik

Memberi pinjaman (utang) ke Indonesia melalui IMF, World Bank, ADB dll yang mayoritas pemodalnya adalah negara kapitalis. Untuk mendapatkan pinjaman itu pemerintah Indonersia harus menandatangani syaratsyarat yang lebih menguntungkan para kapitalis asing.

Neolib era Jokowi

Dari cuplikan berita...
Kata Luhut, Jokowi minta sejumlah bandara diserahkan ke swasta, kasih privatisasi.
"Saya kemarin dipanggil jam 11 pagi oleh presiden, katanya, kepada pers, di Jakarta, Kamis.

Dia mengutip: "Itu lapangan terbang, Pak Luhut, kasihin saja. Seperti Silangit, Jakarta, Bangka Belitung, kasih privatisasi saja. Siapa yang masuk, asal hitungannya jelas."

Padahal bandara itu pintu keluar masuk di suatu tempat/negara, jika di privatisasi tentu sangat riskan.

Kesimpulan khusus...

Neolib adalah penguasaan ekonomi asing atau kapitalis asing atas perekonomian Indonesia melebihi 50%. Lebih pro kapitalis asing daripada pro rakyat Indonesia. Neolib yang sebenarnya dimulai di era Soeharto dan semakin menggila di era Jokowi.

80% perekonomian dikuasai kapitalis asing

80% perbankan dikuasai kapitalis asing

80% gedunggedung bertingkat dikuasai kapitalis asing

80% sumber daya alam dikuasai kapitalis asing

80% kebijakan ekonomi dikuasai kapitalis asing

80% kebijakan politik dikuasai kapitalis asing

Tiap detik total utang pemerintahan bertambah Rp 10 juta.

*Definisi Privatisasi :
Menurut Company Art, privatisasi diartikan sebagai penjualan yang berkelanjutan sekurang-kurangnya sebesar 50 % dari saham milik pemerintah ke pemegang saham swasta.

Dampaknya :

1) Pendapatan Negara menurun, karena sebagian sahamnya sudah dimiliki swasta.

2) Reputasi Negara dan Pemimpinnya juga menurun karena dianggap tidak mampu mengelola sebuah perusahan milik negara tanpa ada campur tangan Swasta. Negara  mengalami kemunduran.

*Dihimpun dari berbagai sumber
*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda

No comments

Komentar anda sangat berguna untuk meningkatkan penulisan artikel