Seluruh pekerjaan konstruksi dihentikan sementara, baik yang di luar maupun yang di pulau Jawa

Seluruh pekerjaan konstruksi dihentikan sementara, baik yang di luar maupun yang di pulau Jawa

Proyek yang dihentikan tersebut tidak hanya berada di wilayah Jabodetabek, juga seluruh Indonesia, termasuk jembatan yang dibangun di jalan Trans Papua. "Pekerjaan tol, jembatan, LRT, yang memerlukan pengecoran, dan beton. Termasuk jembatan di Papua


Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono menginstruksikan untuk menghentikan sementara pembangunan proyek infrastruktur elevated seiring banyaknya kecelakaan konstruksi yang terjadi.

"Saya perintahkan semuanya berhenti, dari LRT (light rail transit), tol, jembatan, yang memiliki pekerjaan berat di atas kami hentikan dulu sementara,"ujar Basoeki.

Sejumlah proyek tersebut akan dilakukan audit oleh Komite Keselamatan Konstruksi. Nantinya apabila audit tersebut sudah selesai, pekerjaan dilanjutkan kembali pembangunannya.

"Kalau sudah selesai, go on lagi tapi tunggu perintah saya lagi," ucapnya.

Proyek yang dihentikan tersebut tidak hanya berada di wilayah Jabodetabek, juga seluruh Indonesia, termasuk jembatan yang dibangun di jalan Trans Papua.

"Pekerjaan tol, jembatan, LRT, yang memerlukan pengecoran, dan beton. Termasuk jembatan di Papua, hari ini akan angkat, tapi saya perintahkan untuk dihentikan dulu," ucap Basoeki.

Semenatar itu ...

Pihak kepolisian tengah menyelidiki penyebab robohnya tiang tol Becakayu yang terjadi pada Selasa (20/2) dini hari dan menyebabkan tujuh pekerja mengalami luka-luka.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan pihaknya akan memeriksa sejumlah saksi yang diantaranya bernama Alvi selaku pelaksana.

Selain Alvi, saksi lainnya bernama Hasto yang merupakan satuan pengamanan (Satpam).

Runtuhnya gilder Tol Becakayu mengakibatkan tujuh orang mengalami luka-luka. Enam korban yakni Joni Arisman, Rusman, Supri, Kirpan, Sarmin dan Agus dirawat di Rumah Sakit UKI Cawang. Sementara satu korban Waldi dirujuk ke Rumah Sakit Polri Kramatjati.

Kejadian tersebut, kata Argo, terjadi pada saat korban sedang melakukan pengecoran pada sayap jalur di atas tiang Tol Becakayu. Namun tiba-tiba sayap kiri dan kanan roboh bersama para korban.

"Korban terbawa jatuh dan tertimpa bahan material cor sehingga mengakibatkan luka-luka," ujarnya.

Sejauh ini, Argo mengatakan pihaknya sudah mengamankan barang bukti berupa baju korban. Sementara itu pihaknya masih melakukan pencarian untuk barang bukti lainnya.

Keterangan Foto
Tim Labfor Bareskrim Pori melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) pasca robohnya tiang pancang pada proyek kontruksi pembangunan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di Jalan D I Panjaitan, Jakarta, Selasa (20/2).

Tiang pancang pada proyek kontruksi pembangunan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) yang roboh pada Selasa (20/2) sekitar pukul 03.00 WIB itu menyebabkan tujuh pekerja dari proyek tersebut terluka. ANTARA FOTO - Aprillio Akbar

Ada juga kegalan konstruksi dibawah Dep Hub yang bermasalah

Asosiasi Kontraktor Indonesia menilai bahwa dinding lintas bawah atau underpass di Jalan Perimeter Selatan Bandara Soekarno-Hatta longsor, Senin (6/2/2018) sekitar pukul 18.10 termasuk dalam kegagalan konstruksi.......
*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda

No comments

Komentar anda sangat berguna untuk meningkatkan penulisan artikel