Bila proyek infrastruktur gagal, lantas apa yang bisa dijual Jokowi kepada para pemilih ?

Bila proyek infrastruktur gagal, lantas apa yang bisa dijual Jokowi kepada para pemilih ?

Sejak Agustus 2017 sampai dengan 20 Februari 2018 tercatat telah terjadi 10 Kecelakaan Pembangunan Proyek Infrastruktur yang dicanangkan Jokowi.


Tanda-tanda bahwa proyek infrastruktur akan mengalami kegagalan membayang di pelupuk mata, seiring banyaknya terjadi kecelakaan kerja. Proyek infrastruktur adalah pertaruhan terbesar bagi masa depan politik Jokowi. Bila proyek ini juga gagal, lantas apalagi yang bisa dijual Jokowi kepada para pemilih ?

Pemerintah akhirnya memutuskan untuk menghentikan sementara semua proyek infrastruktur dalam skala besar. Banyaknya kecelakaan, bahkan sampai meminta korban nyawa, menunjukkan ada yang salah dengan proyek ini.

“Dalam dua tahun ada 14 kali kecelakaan. Ono opo?,” tanya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljo masygul.


Sejak Agustus 2017 sampai dengan 20 Februari 2018 tercatat telah terjadi 10 Kecelakaan Pembangunan Proyek Infrastruktur yang dicanangkan Presiden Jokowi.

Beberapa hari lalu, presiden Jokowi meninjau langsung pengerjaan Tol Becakayu bersama dengan Menteri PUPR Basuki Hadimulyono. Pada tanggal 20 Februari (kemarin) Grider tol tersebut ambruk dan menambah daftar panjang kecelakaan pembangunan proyek Infrastruktur era beliau.

Berikut daftar 10 kecelakaan pembangunan proyek infrastruktur sejak Agustus 2017 sampai dengan Februari 2018:

4 Agustus 2017 tiang penyangga LRT Palembang Ambruk, menyebabkan 2 orang pekerja tewas (kontraktor PT. Waskita Karya)

22 September 2017 jembatan proyek pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (BOCIMI) Ambruk, satu pekerja tewa, dua lainnya terluka (Kontrktor PT. Waskita Karya)

29 Oktober 2017 Girder proyek pembangunan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (PASPRO) Ambruk, 1 Pekerja tewas (kontraktor Waskita Karya)

15 November 2017 Beton Proyek LRT Jakarta Ambruk, 1 mobil rusak (Kontraktor PT. Adhi Karya)

16 November 2017 Crane Proyek Pembanguan Jalan Tol Jakarta CIkampek II (Elevated) Ambruk, tidak ada korban jiwa (Kontraktor Pt. Waskita Karya)

9 Desember 2017 Girder proyek pembangunan Jembatan Ciputrapingan Ambruk, tidak ada korban jiwa (Kontraktor: PT Bangun Pilar Patroman)

30 Desember 2017 Girder Proyek pembangunan Jalan Tol Pemalang-Batang Jatuh, tidak ada korban jiwa (Waskita Karya)

2 Januari 2018 Girder proyek pembangunan kontruksi simpang susun antasari jalan tol Depok-Antasari jatuh, tidak ada korban jiwa (kontraktor PT. Girder Indonesia)

6 Februari 2018 Underpass kereta bandara Soekarnohatta Longsor, 1 Warga tewas dan 1 warga lainnya terluka (Kontraktor PT. Waskita Karya)

20 Februari 2018 Girder Tol Becakayu Ambruk, empat orang pekerja terluka (PT. Waskita Karya)

Berdasarkan pada data tersebut di atas, dari 10 kecelakaan proyek, 7 diantaranya dikerjakan oleh PT. Waskita Karya yang direktur Utamanya adalah Mantan Kapolri Jendral Polisi Badrodin Haiti. (st)
*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda

No comments

Komentar anda sangat berguna untuk meningkatkan penulisan artikel