Jogan Beach Air terjun langka di dunia

Jogan Beach Air terjun langka di dunia

pantai Jogan wonosari

Jogan Beach is a freshness giver, just like an oasis in the vast white-sand beaches in Gunungkidul. It may also appear like garnishes on your plate, which is just too tempting to ignore. Jogan is the right beach for you to feel a different sensation from those typical beaches along the Southern regions of Jogja.

A waterfall standing on the seashore is rare to find in Indonesia, and even in the world. Hidden behind karst hills, Gunungkidul-at the South of Yogyakarta-turns out to be keeping a waterfall which falls directly to the sea.

senja di pantai jogan

Sunset was about to come when Code Lab arrived at Jogan Beach. Surrounded by high cliffs such as those commonly found around limestone hills, Jogan Beach appears to be a melting point where the riverflow comes downhill to meet the waves that roll to the offshore.

Pantai Jogan adalah pemberi kesegaran, laksana oase di luasnya hamparan pantai pasir putih Gunungkidul. Juga seperti garnishes di piring yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Pantai yang tepat bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berbeda dari surga pesisir selatan Jogja.

Air terjun di bibir laut adalah sesuatu yang langka di Indonesia, bahkan dunia. Tersembunyi di balik perbukitan karst, Gunungkidul di selatan Yogyakarta, air terjun yang jatuh langsung ke bibir laut. Sebuah pesona yang sulit ditolak.

Senja ikut menyambut ketika Code Lab tiba di Pantai Jogan. Diapit tebing-tebing tinggi khas pegunungan kapur, Pantai Jogan bak peraduan, tempat air sungai turun gunung menemui ombak yang pulang melaut. 


pantai jogan

Dari puluhan pantai yang berserak di sepanjang 71 kilometer pesisir Gunungkidul, Pantai Jogan menempati posisi istimewa karena keberadaan air terjun yang langsung jatuh dari atas tebing ke bibir laut, mengingatkan pada McWay Beach Waterfall di California.

Selama ini, tak banyak pelancong yang tahu tentang Pantai Jogan. Lokasinya yang persis berada di sebelah barat Pantai Siung sering terlupa oleh para pemanjat yang dipacu semangat memeluk moleknya tebing Siung.

Untuk mencapai Pantai Jogan, perlu waktu sekitar dua jam berkendara dari Jogja. Menyusuri jalanan aspal mulus, berkelok-kelok membelah perbukitan karst yang merupakan sisa lautan jutaan tahun silam.

Jln pantai Jogan

Bila kita sampai di Pos Retribusi Pantai Siung, artinya Pantai Jogan sudah dekat, karena sekitar 400 meter dari pos tersebut, akan terlihat papan kayu penunjuk arah menuju Jogan.

Menggantikan aspal mulus, jalan setapak menjadi pemandu selanjutnya, mengantar Anda dengan didampingi dua sungai kecil di sisi kiri yang nantinya akan menyatu lalu menjelma menjadi air terjun.

Sayang sekali, keelokannya hanya bisa disaksikan saat musim penghujan, sementara di musim kemarau debit air sangat kecil ditambah dengan aktivitas penyedotan airnya demi keperluan warga.
*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda