Mahasiswa dan simbok  jaman kawak

Mahasiswa dan simbok jaman kawak


Mungkin foto dibawah ini diabadikan di era tahun 50-60an dimana kamera warna belum ada dan yang memiliki kamerapun masih sangat jarang, kamera masih dianggap barang mewah pada masa itu..

Untuk mengubah foto lawas hitam putih hasil jepetran kamera jadul diperlukan imajinasi dan ketelitian, Seandainya yang di foto masih bisa menceritakan suasana saat pengambilan gambar misalnya menggunakan baju atau celana warna apa, dan masih ingat situasi seklilingnya akan lebih baik karena memudahkan pemberian ilustrasi pewarnaannya.


Pada foto diatas menggambarkan suasana kehidupan mahaiswa di Jogja saat kuliah di Universitas Gajah Mada. Universitas ini pertama kali berdiri belum memiliki gedung sendiri, sehingga masih numpang di Kraton Jogja yaitu di bangsal Pagelaran untuk fakulltas ilmu sosial, hukum dan Ekonomi, sedangkan untuk fakultas kedokteran dan lainnya, kampusnya ada di Mangkubumen, tepatnya sebelah barat keraton, dekat pasar Ngasem.


Okey karena artikel ini bukan membahas sejarah berdirinya Universitas Gajah Mada, tapi bagaimana mengubah foto jadul yang masih hitam putih menjadi foto berwarna sesuai keadaan aslinya ketika itu. Menurut penyair, sebuah Foto memilki seribu makna.


Banyak software untuk mengubah foto hitam putih menjadi berwarna, namun cari yang gratisan agak susah bukannya tidak ada, misalnya dapat yang gartis hasil cracking, kadang output-nya kurang memuaskan, masih bagus bikin cara manual dengan PhotoShop. Tapi, lamaaaanyaa, ha..ha..hah..

Ini hasil perubahan foto asli dua orang simbok jasa panggul pasar Beringhardjo menggunakan software bajakan hasil cracking, kemudian Code Lab perhalus dengan filter perfecty clear..


Sedangkan yang dibawah ini mengubah foto asli, memberi sentuhan warna dengan PhotoShop, (foto asli ada di atas) dan editan ini tidak seluruhnya Code Lab berikan warna, karena hanya sebagai pembanding.


Jika anda ingin mengganti foto warna dijadikan hitam putih agar seperti poto jadul sangat mudah, tidak perlu imajinasi, hanya tinggal klik menu pada PhotoShop change black and white, langsung jadi.


Begitulah sekelumit cerita ini. Pengunjung yang nyasar ke blog Code Lab, anda bisa mengambil foto hitam putih pada artikel ini untuk latihan utak-atik dengan memberi sentuhan warna, sehingga foto jadul anda seakan menjadi foto masa kini..

Sekian...
*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda