Para Naga yang menguasai bisnis properti besar di Indonesia

Para Naga yang menguasai bisnis properti besar di Indonesia


Bisnis properti yang marak di Indonesia, ternyata dikuasai oleh tiga pengusaha Cina, yaitu: Ciputra, Eka Tjipta Widjaja, dan Mochtar Riady. Ciputra merintis Ciputra Group, Eka Tjipta memimpin Sinarmas Land Group, dan Mochtar memelopori Lippo Group.

Bisnis mereka tersebar di seluruh Indonesia, dari kota hingga ke desa. Mereka membangun perumahan, pusat belanja, ruko, rukan, rumah sakit, apartemen, hotel, dan kawasan industri.

Menurut CEO Leads Property Indonesia, Hendra Hartono kepada kompas.com, ketiga dinasti tersebut merupakan pemasok properti terbesar yang aktif sejak tiga puluh tahun lalu hingga sekarang. Karya mereka memenuhi kebutuhan kelas bawah, menengah, dan menengah atas.

“Boleh disebut, mereka adalah supply driven yang menentukan perkembangan dan pertumbuhan sektor properti Indonesia di masa lalu, sekarang maupun akan datang,” ujar Hendra kepada kompas.com, (5/10/2013).


Ketiganya telah menyiapkan anak-anaknya. Regenerasi Ciputra diteruskan oleh Candra dan Cakra Ciputra, Rina Sastrawinata, dan Junita Ciputra. Bahkan, generasi ketiga telah dilibatkan sejak dini untuk mengelola properti-properti mereka, baik di Jakarta maupun di daerah.

Eka Tjipta Widjaja menyiapkan Muktar Widjaja dan kini Michael Widjaja. Sedangkan Mochtar Riady, mengalihkan kepemimpinan Lippo ke James Riyady dan kini yang banyak berperan generasi ketiganya, Michael Riady. (Vi)
*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda