Setelah bakar hutan Oei Ek Tjhong minta perlindungan Jokowi

Setelah bakar hutan Oei Ek Tjhong minta perlindungan Jokowi


Dewan Lingkungan Singapura (SEC) menginformasikan pencabutan sertifikat hijau milik Universal Sovereign Trading, yang merupakan distributor eksklusif produk Asia Pulp and Paper di Singapura.

Langkah selanjutnya, SEC meminta 16 jaringan supermarket di Singapura untuk tidak lagi menjual produk APP dan empat perusahaan lain.

Berkaitan aksi boikot tersebut, perusahaan meminta perlindungan dari pemerintah karena produk yang dibuatnya milik Indonesia. (bukankah milik Oei Ek Tjhong ?)  “Kami minta perlindungan hukum dari pemerintah mengenai kasus ini."

Kebakaran lahan HTI Sinarmas berada di Ogan Komering Ilir, yang rencananya di daerah tersebut akan dibangun pabrik pulp dan kertas terbesar di Asia senilai Rp 30 Triliun.

“Kebakaran ini adalah bencana yang timbul akibat El Nino di seluruh dunia tidak hanya Indonesia. Tapi yang terjadi penggiringan opini pelakunya perusahaan kami." kata Gandi Sulistiyanto, Managing Director Sinarmas Grup, dalam jumpa pers terbatas, Senin (12/10).

Sedangkan menurut peneliti Center for International Forestry Research (CIFOR) Herry Purnomo. Ada sekitar 20 aktor yang terlibat di lapangan dan mendapat keuntungan ekonomi dari pembakaran hutan dan lahan.

Aktor-aktor tersebut, berdasarkan hasil penelitiannya, bekerja seperti bentuk "kejahatan terorganisir". Ada kelompok-kelompok yang menjalankan tugas berbeda, seperti mengklaim lahan, mengorganisir petani yang melakukan penebasan atau penebangan atau pembakaran, sampai tim pemasaran dan melibatkan aparat desa. Baca disni


Perusahaan Oei Ek Tjhong  PT Sinar Mas akan digugat akibat pembakaran hutan.
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melakukan langkah hukum, menggugat secara perdata 7 triliun terhadap PT Bumi Hijau Mekar (BHM), anak perusahaan PT Sinar Mas yang merupakan bagian dari kelompok usaha Asia Pulp and Paper (APP).

PT Bumi Mekar Hijau (BMH) beroperasi di Palembang, Sumatera Selatan dan telah ditetapkan sebagai tersangka pembakar hutan dan lahan. Penetapan status tersangka pembakaran hutan itu juga sudah dibenarkan Kabareskrim Polri, Komjen Anang Iskandar. (Cj)


Siapa Oei Ek Tjhong ? Dia adalah Cina perantauan yang lahir di Quanzhou, Fujian, RRC. Nama aliasnya dalam bahasa Indonesia terkenal dengan sebutan Eka Tjipta Widjaja.
*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda

No comments

Komentar anda sangat berguna untuk meningkatkan penulisan artikel