Pejabat korup di lingkungan kekuasaan era Jokowi

Pejabat korup di lingkungan kekuasaan era Jokowi


Siapa Surya Paloh ?
Adalah pengusaha pers dan pimpinan Media Group yang memiliki harian Media Indonesia, Lampung Post, dan stasiun televisi Metro TV. Ia sekarang menjabat sebagai Ketua Umum Partai Nasional Demokrat. Surya Paloh aktif dalam politik dan dia adalah mantan Ketua Dewan Penasehat Partai Golkar periode 2004-2009.

Ia juga pendiri ormas Nasional Demokrat, yang kemudian dianggap sebagai penerus Partai Nasdem (Partai Nasional Demokrat). Lahir dari pasangan Daud Paloh dan Nursiah Paloh.

Siapakah Sam Pa ?
Seperti dikutip dari Forbes dan Financial Times, Jumat (16/10/2015), Sam Pa merupakan pengusaha kelahiran China, yang besar di Hong Kong. Sam Pa juga memegang kewarganegaraan Angola.

Sam Pa merupakan pemilik Sonangol EP alias Sociedade Nacional de Combustiveis de Angola EP. Sam Pa diyakini menjadi pemimpin 88 Queensway Group, yang di dalamnya terafiliasi dengan banyak perusahaan. Grup ini mengoperikan bisnis tambang dan sumber daya alam di sejumlah negera Afrika.

Sam Pa juga telah menjadi subyek kontroversi, dalam mengamankan kontrak bisnisnya, Ia diduga menopang rezim ZANU-PF yang diketuai oleh Robert Mugabe di Zimbabwe. Dia berada belakang kudeta di Madagaskar dan kerusuhan sipil di Guinea. Geliat Bisnis Sam Pa, Mulai Jual Senjata hingga Bisnis Minyak. (wiki)


Selain menjadi tokoh di 88 Queensway Group, Sam pa menyatakan dirinya merupakan predisen China International Fund (CIF). Nama 88 Queensway Group bukan merupakan lembaga resmi, tapi merupakan nama singkatan dari sejumlah bisnis yang tercatat berdomisili di Two Pasific Place, 88 Queensway, Admiralty, Hong Kong.

Apesnya kawan Bisnis Surya Paloh
Surya Paloh sepertinya sedang apes berat. Selain disebut-sebut terlibat kasus suap PTUN Medan sampai kasus Bansos Sumut, anak buah Paloh di Partai NasDem, Patrice Rio Capella juga dijerat menjadi tersangka oleh KPK.

Pekan lalu kolega bisnis utamanya, pengusaha asal Tiongkok Mr Sam Pa juga ditangkap oleh kepolisian Tiongkok. Pemilik Sociedade Nacional de Combustiveis de Angola EP (Sonangol EP) tersebut dicokok 8 Oktober lalu di Beijing.

Dalam penangkapan teresbut disebutkan bahwa Sam Pa tengah melakukan perjalanan dengan seorang diktator dari Harare ke Pyongyang dalam upaya melakukan perjanjian kerja sama mengenai sumber daya dan infrastruktur senilai miliaran dolar.

Jokowi ikut berperan
Tak tanggung tanggung, Jokowi bahkan membubuhkan tanda-tangan pertamanya selaku presiden untuk kerjasama bilateral adalah kala meneken MoU antara pemerintah Indonesia dengan Sonangol EP.

Sonangol EP atau Sociedade Nacional de Combustiveis de Angola EP meneken kerja sama dengan Presiden Joko Widodo untuk mengekspor minyaknya ke Indonesia. Salah satu pemilik Sonangol, Sam Pa, yang menjadi pintu masuk Indonesia menggandeng perusahaan pemegang izin untuk eksplorasi minyak dan gas di Negara Republik Angola itu

Kejadiannya, kira-kira bulan Oktober tahun lalu. Saat itu, Indonesia menyepakati kerjasama pembelian minyak mentah sebanyak 100 ribu barel dari Sonangol. Indonesia dijanjikan diskon 15 persen dari harga pasar, yang faktanya tidak pernah terrealisasi.

Peran Jokowi terus berlanjut
Pada tanggal 23 Mei 2015, Jokowi juga memberikan perhatian khusus atas pembangunan Gedung Indonesia 1. Gedung dengan tinggi 303 meter tersebut dibangun oleh kerajaan bisnis Surya Paloh yakni Media Group dan China Sonangol Land. Total investasi pembangunan tersebut mencapai Rp8 triliun. (t rm)

*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda