Ada Rp 2.500 Triliun Dana Gelap Keluar masuk Indonesia

Ada Rp 2.500 Triliun Dana Gelap Keluar masuk Indonesia

Inikah penyebab munculnya ide tax amnesty?, Dana gelap dari Indonesia banyak mengalir ke Singapura dan China,dana gelap adalah transaksi yang menghindari pajak


Data terakhir Global Financial Integrity menyebutkan bahwa Indonesia saat ini menjadi negara ke-9 dengan nominal aliran dana gelap terbesar. Dalam sepuluh tahun terakhir, besarnya aliran dana ke luar negeri mencapai Rp 2.500 triliun. Itu berarti setiap tahunnya bisa mencapai Rp 200-an triliun.

Peneliti Senior Perkumpulan Prakarsa, Setyo Budiantoro menjelaskan, yang dimaksud dana gelap adalah aliran dana yang keluar masuk Indonesia karena transaksi yang menghindari bea masuk (BM), pajak pertambahan nilai (PPN), maupun pajak penghasilan (PPh).

Selain itu juga transfer dana hasil korupsi ke luar negeri, dan pencucian uang dari perdagangan barang-barang terlarang.

Dana gelap dari Indonesia paling banyak mengalir ke Singapura dan China. Hal tersebut lantaran banyaknya transaksi perdagangan Indonesia dengan kedua negara tersebut.

“Volume perdagangan kita dengan Singapura dan Tiongkok besar,” ujar Setyo.

“Banyak perusahaan kita yang punya kantor di sana tapi muncul persoalan karena menyembunyikan pajak,” kata dia.

Khusus Singapura, Indonesia kesulitan mengakses aliran dana ke sana karena sistemnya yang tertutup. Setyo mengatakan, Singapura dikenal paling tidak mau membongkar data perdagangan mereka. [kompas]
*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda