Agar tak luntur kekuasaanya, Jokowi harus selalu melakukan pencitraan

Agar tak luntur kekuasaanya, Jokowi harus selalu melakukan pencitraan

Membasuh muka air laut di Pantai Miangas bertepatan dua tahun kekuasaannya. Itu kegiatan mistik agar bisa menarik kekuatan dari penguasa laut di Pantai Miangas


Rahasia di Balik Ritual Mistik Jokowi Basuh Muka Pakai Air laut Pantai Miangas

Aksi Presiden Joko Widodo yang membasuh muka memakai air pantai Pulau Miangas (19/10), ditafsirkan beragam.

Praktisi metafisika Ki Gendeng Pamungkas menilai, aksi basuh muka Jokowi tersebut terkait dengan ritual mistik yang biasa dilakukan mantan Walikota Solo itu.

“Membasuh muka air laut di Pantai Miangas bertepatan dua tahun kekuasaannya. Itu kegiatan mistik agar bisa menarik kekuatan dari penguasa laut di Pantai Miangas,” ungkap Ki Gendeng Pamungkas kepada intelijen (19/10).

Menurut Ki Gendeng, bisa jadi Jokowi juga berharap air pantai Miangas itu bisa membawa kekuatan untuk mempertahankan kursi Presiden RI hingga dua periode. “Jokowi ingin kekuasaannya dua periode. Maka segala kegiatan mistik dilakukan, apalagi Jokowi dari Solo yang dikenal lekat dengan kleniknya,” ungkap Ki Gendeng.

Tak hanya itu, kata Ki Gendeng, aksi basuh muka Jokowi di hadapan wartawan itu juga bisa dibaca sebagai upaya pencitraan. “Itu pencitraan Jokowi, agar dianggap peduli laut, maka ada aksi basuh muka pakai air laut,” papar Ki Gendeng.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi berkunjung ke Miangas untuk meresmikan Bandara Miangas. Dalam kesempatan itu Jokowi membasuh wajahnya beberapa kali dengan air di Pantai Miangas, Sulawesi Utara (19/10). (int)
*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda