Agar Jokowi bisa dua periode, hanya dengan strategi "Borong Partai" yang bisa meruntuhkan penghalang

Agar Jokowi bisa dua periode, hanya dengan strategi "Borong Partai" yang bisa meruntuhkan penghalang

Untuk memuluskan skenario "borong partai", kubu Jokowi hanya tinggal memastikan dukungan PKS atau PAN.


Sampai saat ini, Prabowo Subianto masih menjadi penghalang utama untuk menjadikan Jokowi Widodo sebagai Presiden RI dua periode. Sejumlah skenario mulai dilakukan kubu Jokowi untuk meminimalisir resiko kekalahan dari Ketua Umum Partai Gerindra itu di Pilpres 2019 mendatang.

Hal itu dikatakan Direktur Eksekutif Indonesia Development Monitoring (IDM), Bin Firman Tresnadi dalam surat elektronik yang diterima redaksi, Minggu (4/3).

"Untuk meminimalisir resiko kekalahan, “borong partai” adalah strategi yang paling tepat untuk memastikan Jokowi dua periode," jelasnya.

Menurut Bim, untuk memuluskan skenario "borong partai", kubu Jokowi hanya tinggal memastikan dukungan PKS atau PAN.

Sebelumnya ada sejumlah partai politik yang sudah resmi memberikan dukungannya untuk Jokowi. Mereka yakni, PDIP, Nasdem, Hanura, Golkar, PSI, PPP, Perindo dan PKPI yang tidak lolos verifikasi KPU.

"Jika PKS dan PAN mendukung Jokowi, bisa dipastikan Prabowo tidak dapat diusung menjadi Capres, karena syarat minimum 20 persen kursi DPR ataupun 25 persen suara sah nasional tidak terpenuhi. Langkah ini sangat mungkin karena di kedua partai tersebut memiliki kubu pendukung Jokowi yang cukup kuat," tandasnya. (sam)
*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda

No comments

Komentar anda sangat berguna untuk meningkatkan penulisan artikel