Resep Brownies Panggang tipis dan tips Membuat Shiny Crust yang benar

Resep Brownies Panggang tipis dan tips Membuat Shiny Crust yang benar

Untuk mendapatkan Brownies Panggang yang nikmat kita harus memperhatikan kualitas coklat yang digunakan, biasanya coklat yang berkualitas baik itu aroma coklatnya kuat banget dan tidak terasa pahit di lidah


Brownies panggang memiliki tekstur yang lembut dan sangat kental dengan rasa coklat, hal ini dikarenakan pemakaian dua coklat sekaligus, yaitu coklat batang dan coklat bubuk. Sangat legit dan terasa sekali coklatnya, cocok untuk para pencinta coklat.

Untuk mendapatkan Brownies Panggang yang nikmat kita harus memperhatikan kualitas coklat yang digunakan, biasanya coklat yang berkualitas baik itu aroma coklatnya kuat banget dan tidak terasa pahit di lidah.

Pada saat mengkocok telur, harus benar-benar mengembang, ditandai dengan telur berwarna putih dan kaku, ini berpenggaruh pada tekstur Brownies Panggang yang kita dapat. Berbeda dengan Fudgy Brownies yang tidak menggocok telur sampai mengembang, cukup diaduk-aduk saja, tetapi tekstur yang didapat adalah kue yang bantet dan tidak mengembang.

Saya sendiri lebih suka Brownies Panggang dibandingkan dengan Fudgy Brownies, tetapi tergantung selera masing-masing. Brownies Panggang dikatakan sukses apabila memiliki lapisan mengkilap pada bagian atas adonan yang telah di panggang atau disebut dengan ShinyCrust.

Banyak tips dan trik untuk membuat lapisan Shiny Crustini muncul. Pada resep masakan kali ini, akan memberi langkah-langkah, tips dan trik membuat Shiny Crust pada Brownies Panggang.
  1. Saat membuat tim coklat dan margarin/mentega, adonan harus benar-benar meleleh dan tercampur rata.
  2. Saat telur telah mengembang bahan kedua yang diamasukan adalah coklat yang telah dilelehkan bersama mentega terlebih dahulu, baru kemudian tepung. Pada saat memasukan lelehan coklat kedalam telur harus bertahap sampai adonan benar-benar tercampur rata.
  3. Saat menyatukan kocokan telur dan coklat leleh jangan mengunakan mikser, tapi hanya mengunakan spatula dan di aduk dengan putar balik, hal ini dilakukan agar gelembung-gelembung pada telur tidak hilang.
  4. Dan pada saat pemanggangan megunakan api sedang dengang suhu 150 derajat celcius. Diletakan dirak paling atas selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu pindahkan ke rak tengah sampai matang.
Pada Saat melakukan memanggang jangan terlalu lama, ini akan membuat brownies mengering dan mengeras. RESEP BROWNIES PANGGANG SHINY CRUNCH Untuk 1 Lyg Uk 20x2 Lama Pengerjaan : Jam 30 Menit BAHAN-BAHAN :
  1. 3 Btr - Telur
  2. 150 Gr - Gula Pasir
  3. 120 Gr - Tepung Terigu
  4. 20 Gr - Coklat Bubuk Van Houten
  5. 250 Gr - Coklat Batang
  6. 200 Gr - Margarin (Blue Band)
  7. 1 Sdt - Extra Vanila (Bisa diganti vanili bubuk)
TOPING :
  1. Kacang Almount
  2. Coklat Chip
CARA MEMBUAT :

Lelehkan coklat batang dan Margarin, tim coklat dan margarin dengan meletakkan wadah diatas wajan yang telah berisi air, masak dengan api kecil sampai margarin coklat benar-benar menyatu dan cair, sisihkan dan biar kan dingin.

tips membuat shiny crust pada brownies

Pecahkan telur ditambah extra vanila, kocok sampai berbusa dan tambahkan gula bertahap sampai kocokan telur mengembang sempurna.

tips membuat shiny crust pada brownies

tips membuat shiny crust pada brownies
brownies panggang shiny crust

Masukan lelehan coklat dan margarin bertahap, aduk putar balik sampai rata.

tips membuat shiny crust pada brownies

Tambahkan tepung terigu bertahap sampai habis dan teraduk rata.

tips membuat shiny crust pada brownies

Masukan kedalam loyang ukuran 20x20.

tips membuat shiny crust pada brownies

Taburkan toping.

tips membuat shiny crust pada brownies

Panggang di rak atas selama 20 menit, kemudian pindahkan ke rak tengah, masak hingga brownies matang.

tips membuat shiny crust pada brownies




  • Biarkan brownies sedikit dingin, pindahkan ke piring saji.



  • Selamat Mencoba
    Artikel kiriman dari dapurzahra


    *  
    Google
    Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda

    No comments

    Komentar anda sangat berguna untuk meningkatkan penulisan artikel