Para pemimpin Dunia memberi ucapan selamat atas kemenagan AKP Erdogan Dari AS hingga Pejuang Palestina

Para pemimpin Dunia memberi ucapan selamat atas kemenagan AKP Erdogan Dari AS hingga Pejuang Palestina

Di Washington, juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengucapkan selamat kepada bangsa Turki atas pemilu, mengatakan bahwa AS memandang ke depan untuk bekerja sama dengan pemerintah baru.


Para pemimpin dunia memberi ucapan selamat kepada Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) atas kemenangan elektoral di Pemilu ulang Turki pada Ahad kemarin, Anadolu Agency melaporkan (2/11/2015).

Khaled Meshaal, kepala biro politik Hamas, mengucapkan selamat kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Perdana Menteri Ahmet Davutoglu seusai hasil pemungutan suara yang secara efektif memberikan partai mayoritas di parlemen negara itu.

Dalam sebuah pernyataan, Hamas mengatakan Meshaal telah sampaikan kepada Erdogan dan Davutoglu ucapan selamat Palestina untuk kemenangan pemilu Turki.

Meshaal juga menyatakan harapan bahwa hasil jajak pendapat akan “berkontribusi terhadap pembangunan dan stabilitas Turki” dan “menguntungkan rakyat Palestina – dalam perjuangan mereka melawan pendudukan Israel “.

Ikhwanul Muslimin Mesir
Ikhwanul Muslimin Mesir mengucapkan selamat pada Senin untuk partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) atas kemenangan pemilu, yang secara efektif akan mengembalikan suara mayoritas di parlemen Turki.

Dalam pernyataan yang dimuat di Facebook, Ikhwan mengatakan hasil pemilu Turki Minggu kemarin mengirim “pesan positif kepada semua orang yang mendukung revolusi, kebebasan dan demokrasi”.

“Hasil dari pemilihan anggota parlemen Turki adalah jawaban terbaik untuk konflik berdarah dan musuh demokrasi di Mesir dan Suriah, Zionis, dan kekuatan regional dan internasional yang menentang kehendak bangsa merdeka,” kata kelompok itu.

Sementara Pemerintah Rezim Mesir, belum mengomentari hasil pemilu Turki.


Menurut hasil awal, Partai AKP memperoleh 49,48 persen suara – jauh lebih tinggi dari yang telah diperkirakan oleh lembaga survei – memberikan AKP predikat mayoritas tunggal (317 dari 550 kursi) di parlemen.

Kelompok D-8
Dr. Seyed Ali Mohammad Mousavi, sekretaris jenderal D-8, telah mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu, ketua Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party) atas kemenangan pemilu

Mousavi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa hasil yang menentukan menunjukkan mandat yang kuat dari orang-orang Turki “untuk AK Party untuk mengarahkan bangsa untuk masa depan yang tercerahkan”.

Addis Ababa, Ethiopia
Mengekspresikan selamat kepada orang-orang Turki, juru bicara pemerintah Ethiopia Getachew Reda mengatakan pada Anadolu Agency: “Turki adalah negara yang sangat penting bagi perdamaian di seluruh dunia. Stabilitas di Turki langsung dampak perdamaian di Timur Tengah dan Eropa. “

Selamat dari Tunisia

Rached Ghannouchi, pemimpin Partai Ennahda, mengucapkan selamat kepada bangsa Turki dan pemimpin partai AKP Ahmet Davutoglu, mengatakan: “. Hari ini adalah hari penting bagi Musim Semi Arab dan demokrasi”

Menurut sumber Ennahda Party, Ghannouchi juga menghubungi Erdogan untuk mengucapkan selamat atas kemenangan Partai AK dalam pemilihan umum 26 negara.



Selamat dari Pejuang Suriah
Di Suriah, 12 kelompok oposisi yang berbeda – yang semuanya menentang rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad – juga mengucapkan selamat Turki pada hasil jajak pendapat.

“Kemenangan AK Party adalah penting dalam hal perkembangan sensitif sedang terjadi di wilayah tersebut,” kata kelompok dalam sebuah pernyataan bersama.

Mereka menyeru semua negara untuk membantu revolusi yang sedang berlangsung melawan rezim di Suriah.

Merkel Ucapkan Selamat
Menurut pernyataan tertulis yang dikeluarkan dari Kantor Pers Perdana Menteri Turki, Kanselir Jerman Angela Merkel menelepon Davutoglu pada Senin untuk mengucapkan selamat atas keberhasilannya.

“Perdan Menteri kami menekankan bahwa pemilu diadakan di lingkungan yang damai dengan partisipasi pemilih lebih dari 85 persen, yang menunjukkan kematangan demokrasi Turki. Bangsa Turki membuat pilihan mereka dalam mendukung stabilitas politik, demokrasi dan ekonomi,” kata pernyataan itu .

Selama percakapan telepon, kedua pemimpin juga bertukar pandangan mengenai perkembangan terakhir di Suriah, memerangi ISIS dan krisis pengungsi.

“Mereka menegaskan tekad mereka untuk memperkuat kerjasama dalam masalah ini baik pada tingkat bilateral dan multilateral pada platform termasuk Uni Eropa,” tambahnya.

Washington Ucapkan Selamat
Di Washington, juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengucapkan selamat kepada bangsa Turki atas pemilu, mengatakan bahwa AS memandang ke depan untuk bekerja sama dengan pemerintah baru.

Selamat dari Siprus
Presiden Republik Siprus Utara Mustafa Akinci menelepon Davutoglu di sore hari untuk mengucapkan selamat atas hasil pemilu hari Minggu, yang secara efektif memberikan AKP mayoritas 317 kursi di parlemen negara itu atas raihan 49,4 persen suara.

Azerbaijan
Dalam pesan yang dikirim ke Davutoglu, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev memuji hasil pemilu sebagai “manifestasi terang kehendak nasional masyarakat Turki dan dukungan untuk stabilitas, ketenangan dan pembangunan”.

Aliyev menekankan bahwa negaranya bersama sukacita AK Partai dalam kemenangan dan berharap sukses untuk semua anggota partai.

“Mulai sekarang, kemitraan kami strategis, yang telah melewati ujian waktu, dan hubungan eksklusif akan lebih memperluas dan mengkonsolidasikan,” tambahnya.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras, Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif secara terpisah menelepon Davutoglu untuk mengucapkan selamat atas kemenangan partainya dalam pemilu, menurut kantor pers perdana menteri Turki.

Afghanistan
Wakil Presiden Jenderal Abdul Rashid Dostum mengatakan dalam pesan yang ditujukan kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Perdana Menteri Turki bahwa ia “merasa terhormat untuk dengan senang hati mengucapkan selamat atas keberhasilan AKP”

Dostum juga mendukung keputusan pemerintah Turki – diambil sebagai bagian dari upaya anti-teror menyusul serangan teroris mematikan yang melanda negara itu sebelum pemilu – mencatat signifikansi mereka untuk keamanan wilayah yang lebih luas.

Bulgaria
Perdana Menteri Bulgaria Boyko Borisov juga mengirimkan ucapan selamat, mengatakan dia menyatakan “keyakinan yang tulus bahwa kehendak demokrasi rakyat Turki, tercermin pada suara mereka, akan memungkinkan kolaborasi untuk pengembangan negara Turki di semua bidang dan mempercepat kemajuan hubungan bilateral “. (duniatimteng)
*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda

No comments

Komentar anda sangat berguna untuk meningkatkan penulisan artikel