Anda perokok berat atau mudah stress, biasakan makan wortel

Anda perokok berat atau mudah stress, biasakan makan wortel

Wortel juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda dalam beberapa cara


JARILANGIT.COM - Wortel tidak hanya baik sebagai makanan kelinci. Namun, wotel juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Selain rasanya manis, Wortel kaya akan vitamin, antioksidan, dan serat, yang dapat mengurangi risiko Anda terkena kanker, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Berikut alasan kuat mengapa Anda harus mengkonsumsi wortel sebagai makanan sehari-hari.

1. Beta carotene

Wortel kaya akan beta karoten, yang merupakan anti oksidan, di dalam tubuh, beta karoten akan dikonversi menjadi vitamin A untuk menjaga kesehatan kulit.

Studi menunjukkan bahwa beta karoten juga melindungi paru-paru terhadap racun yang menyebabkan kanker paru-paru.

Mantan perokok yang mengonsumsi beta karoten setiap hari terbukti mengurangi risiko kanker paru-paru dan lambung. Makanan lain yang mengandung beta karoten tinggi adalah bayam, kangkung, dan ubi jalar.

2. Digestion (Pencernaan)

Tubuh membutuhkan mineral, vitamin, serat, dan enzim esensial yang akan memberi kekuatan pada proses pencernaan dan semua ada pada wortel.

Wortel memiliki jumlah serat yang membantu mendorong makanan melalui sistem pencernaan. Beta karoten dikonversi menjadi vitamin A, yang akan meningkatkan kesehatan limfosit Anda. Limfosit adalah sel yang melawan patogen bawaan makanan.

Wortel mengandung kalsium dan kalium dalam jumlah yang cukup, dua mineral penting untuk kontraksi normal semua jenis otot, termasuk yang diperlukan untuk memindahkan makanan melalui saluran pencernaan Anda. Untuk alasan ini, penelitian menunjukkan bahwa makan wortel secara teratur dapat mencegah tukak lambung.

3. Unsur alkali

Makan berlebih dari berbagai jenis makanan memiliki efek kesehatan negatif, dengan makan wortel dapat membantu mengembalikan tubuh ke tingkat pH yang lebih baik.

Tubuh membutuhkan makanan asam dan alkali, Targetkan sekitar 80% dari asupan makanan harian Anda untuk menjadi makanan yang bersifat alkali seperti wortel dan sayuran berakar serabut lainnya.

Setelah makan wortel, nilai-nilai pH secara alami bervariasi di seluruh tubuh Anda - perut, misalnya, sangat asam karena itu perlu. Dan tubuh cukup baik dan menyesuaikan nilai pH darah Anda dengan mengeluarkan asam berlebih dalam urin Anda.

Alasan mengapa penting untuk mengonsumsi lebih banyak makanan yang bersifat alkali karena hal itu akan mengurangi stres pada tubuh Anda dalam menjaga keseimbangan yang tepat.

4. Kalium

Kalium bekerjasama dengan natrium untuk menyeimbangkan kadar cairan tubuh, yang berkontribusi terhadap kesehatan ginjal Anda dan mengurangi tekanan darah tinggi.

Umumnya, kita cenderung mendapatkan lebih banyak natrium daripada yang kita butuhkan. Wortel dapat membantu menyeimbangkan kembali dan meredakan ketegangan pada ginjal serta seluruh sistem peredaran darah.

5. Kesehatan Gigi

Wortel dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda dalam beberapa cara. Pertama, hanya mengunyah wortel yang renyah bisa menghilangkan sisa-sisa plak. Makan wortel juga merangsang produksi air liur, yang membantu menjaga bakteri di mulut Anda tetap terkontrol. Kapasitas alkalisasinya dapat menyeimbangkan pH di mulut Anda juga.


* Diterjemahkan oleh Jari Langit dari foodprevent.com

*  
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda

No comments

Komentar anda sangat berguna untuk meningkatkan penulisan artikel