Tol laut yang terlupakan dan patgulipat kasus korupsi Pelni

Tol laut yang terlupakan dan patgulipat kasus korupsi Pelni

Walau sudah didera banyak masalah dan kecelakaan, Pelni tak juga kapok menggunakan kapal bekas. 1 Juni 2016, Kapal Motor (KM) Kelud kandas

Pembelian kapal bekas dari luar negeri berdampak pada pelarian devisa ke luar negeri. Sementara membangun kapal di galangan nasional akan menciptakan lapangan kerja serta membangkitkan Industri maritim nasional. 

"Membeli kapal bekas hanya solusi jangka pendek dan ini terjadi karena tidak adanya perencanaan yang baik," kata Eddy.

Selain itu, kapal bekas yang dibeli Pelni banyak resikonya karena kapal tua cenderung cepat rusak dan memerlukan biaya operasional yang tinggi. 

Iperindo lantas meminta BUMN besikap tegas kepada setiap unit usaha pemerintah agar berhenti membeli kapal bekas dari Luar negeri dan mulai bersama sama membangun industri maritim nasional. 

Walau sudah didera banyak masalah dan kecelakaan, Pelni tak juga kapok menggunakan kapal bekas. 1 Juni 2016, Kapal Motor (KM) Kelud trayek Belawan-Tanjung Balai-Batam-Tanjung Priok milik PT Pelni (Persero) kandas pada bagian depan di sekitar Pelabuhan Sekupang, Batam. 

Kejadian ini diperkirakan terjadi akibat angin kencang yang terjadi pada Rabu pagi lalu

Kapal ini merupakan kapal tua yang berusia 16 tahun dan kembali direnovasi oleh Pelni. Pelni pun telah mengucurkan Rp8 miliar untuk melakukan renovasi ini.

Namun, atas kejadian ini Pelni tetap menggunakan kapal bekas renovasi. Bahkan, renovasi akan tetap dilakukan untuk menambah jumlah armada kapal yang layak pakai saat ini.

Kontribusi Laporan : Januardi Husin, Rio Alfin Pulungan, Ghivary Apriman (LawJ)

*   16
Next
This Is The Current Newest Page
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda

No comments

Komentar anda sangat berguna untuk meningkatkan penulisan artikel